Pelatihan Cara Membangun Brand bagi UKM

Selasa, 25 Juni 2019 Satoeasa Training & Consulting memfasilitasi Pelatihan Cara Membangun Brand Produk bagi pelaku UKM di Sleman. Kegiataan ini diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM kabupaten Sleman dalam rangka rangkaian kegiatan pelatiah Strategi Jitu Digital Marketing. Pelatihan ini diselenggarakan dari mulai tanggal 24 s/d 27 Juni 2019 di Prima SR Hotel & Convention.

“Dalam strategi digital marketing yang saat ini masif digunakan oleh para pelaku UKM, materi Cara Membangun Brand Produk sangat dibutuhkan oleh UKM. Hal ini selaras dengan pemanfaatan digital, apa yang harusnya dikomunikasikan adalah konsep dari brand itu sendiri. Untuk itulah pada pelatihan Strategi Jitu Digital Marketing ini kami memintak mas Imam Syafi’i dari Satoeasa Training & Consulting memberikan penguatan tentang bagaimana cara membangun brand.” Jundan, pendaping diklat dinas Koperasi dan UKM kabupaten Sleman menuturkan.

Tidak dapat dipungkiri, masifnya pemanfaatan digital marketing menjadi kemudahan bagi setiap pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Bukan hanya sekedar memasarkan tentu saja, penguatan positioning produk dan branding sangat penting diaplikasikan juga dalam strategi ini. Mengingat sekalian mejalankan strategi maka harus menghasilkan seoptimal mungkin. Termasuk pula dalam membagun brand produk.

Imam syafi’i sedang menjelaskan Cara Membangun Brand Produk

Dalam membangun brand, strategi komunikasi sangat efektif untuk membangun persepsi dari produk yang ingin diangkat. Untuk itulah, sebelum menggunakan digital marketing untuk mengkomunikasikan produk maka brand produk harus dikonsep dengan baik terlebih dahulu.

Kunci membangun brand produk ada empat hal paling tidak. Yang pertama adalah produk itu sendiri. Sebagai produk yang hendak dibangun brandnya maka ia harus menjadi produk yang paripurna/sempurnya. Jangan sampai sudah menggunakan strategi komunikasi yang baik namun produknya sendiri tidak kuat. Jika itu terjadi maka selesai sudah, konsumen tidak akan pernah balik lagi, parahnya ia akan ikut mencegah orang lain untuk ikut mengonsumsi produk. Maka langkah pertama adalah menguatkan konsep produk.

Kunci kedua adalah identitas produk mulai dari merek, logo, warna, kemasan dll harus sesuai dengan brand yang akan dibangun. Jangan sampai kita mau membangun brand yang baik namun identitasnya sebaliknya. Kunci ketiga adalah ada pada persepsi yang ingin dibangun. Ya ini adalah kunci dalam membangun brand produk. Dengan persesi inilah kita akan dapat mempengaruhi audiens/konsumen sesuai dengan yang kita inginkan.

Kunci terahir adalah ada pada pengalaman yang akan diberikan oleh produk saat konsumen berinteraksi pertama kali. Moment ini menjadi sangat krusial, karena jika pada moment ini kita tidak bisa menanamkan persepsi yang hendak dibangun maka selesai sudah. Konsumen tidak akan pernah balik lagi ke kita. Maka ciptakan pengalaman yang baik kepada setiap konsumen. Imam syafi’i menjelaskan panjang lebar tentang apa saja yang diperluakan untuk membangun brand produk.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *