Pentingnya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Bangku Sekolah

Jiwa entrepreneur sangat penting ditanamkan sejak usia muda, bahkan bila perlu sejak dini mungkin. Hal ini akan memacu munculnya kader-kader pengusaha muda yang kuat sehingga memberikan dampak perkembangan perekonomian pada negara ini baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, hadirnya para pengusaha pemula akan mengurangi jumlah angka pengangguran muda, karena selain ia paling tidak memberikan lapangan kerja pada diri sendiri juga berpeluang untuk membuka lapangan pekerjaan kepada lainnya.

Semangat menumbuhkan jiwa wirausaha sejak muda, Dinas Koperasi UKM kabupaten Sleman mulai menyasar siswa smk dengan memberikan penguatan kewirausahaan bagi mereka. Kegiatan pertama ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Godean dengan audiens siswa kelas 11 yang akan berangkat magang. Harapannya, dengan adanya kelas kewirausahaan ini semangat untuk berwirausaha tumbuh dan pada saat magang mereka dapat langsung belajar bisnis di tempat magangnya.

Guna memberikan motivasi berwirausaha pada siswa SMK N 1 Godean, Dinas Koperasi UKM kabupaten Sleman menggandeng Satoeasa Training & Consulting dan foxandbunny. Satoeasa Training & Consulting memberikan materi kusus untuk motivasi untuk menjadi pengusaha muda yang handal dan tangguh serta memberikan kiat untuk memulai berwirausaha. Foxandbunny memberikan pengalaman bagaimana harusnya menjadi pengusaha muda agar sukses.

“Harapanya dengan kegiatan ini, banyak anak muda terutama siswa SMK N 1 Godean yang berminat menjadi pengusaha setelah lulus sekolah.” Kata bu Yuyun penyelenggara kegiatan.

Dalam kegiatan bertajuk Think Big Action Now, untuk menjadi wirausaha muda hal utama yang dibutuhkan adalah mimpi. Sebagai seorang pengusaha pengusaha harus punya mimpi besar sehingga kita mempunyai energi untuk terus bergerak mewujudkan mimpi tersebut dengan media bisnis kita. Setelah punya mimpi, langkah berikutnya adalah keberanian untuk mengeksekusi gagasan dan ide bisnisnya. Keberanian ini menjadi kunci berhasil tidaknya menjadi pengusaha. Banyak orang yang mempunyai mimpi besar namun tidak pernah berani mengeksekusi menjadi kenyataan. Maka yang terjadi mimpi hanya sekedar mimpi. Imam Syafi’i menerangkan mengenai syarat untuk menjadi pengusaha muda sukses.

Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan ditutup dengan bagi ditutup dengan sesi foto bersama dan konseling langsung dari peserta dengan para narasumber.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *